Mengenal Bahaya Timbal untuk Kesehatan Tubuh

Timbal sering dikenal sebagai timah hitam (Pb). Dalam bisnis yang bergerak di bidang perdagangan logam, timbal merupakan salah satu jenis logam yang banyak dibutuhkan. Timbal merupakan unsur kimia yang secara alami terkandung di dalam bumi. 

Dikutip dari situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, timbal dalam bahasa ilmiahnya dinamakan Plumbum merupakan kelompok logam dalam tabel sistem periodik merupakan kelompok logam-logam golongan IV-A dengan simbol Pb, mempunyai unsur atom (NA)82 dengan bobot atau berat atom (BA)207,2 gram/mol.

Timbal adalah unsur stabil bernomor atom tertinggi dan tiga diantaranya adalah hasil akhir peluruhan berantai unsur-unsur yang lebih berat, merupakan bahan alami yang terdapat dalam kerak bumi, yang memiliki sifat fisik berupa logam yang lunak serta mudah dipotong dengan pisau atau tangan. 

Selain itu timbal juga diketahui mudah dibentuk, tahan terhadap korosi atau karat sehingga umumnya digunakan sebagai bahan pelapis anti karat. Pada umumnya, timbal diperkirakan memiliki titik lebur yang rendah yaitu 327,5 °C. Nah apa kiranya bahaya timbal bagi kesehatan tubuh dan lingkungan? Simak ulasannya dalam pembahasan berikut!

Bahaya Timbal bagi Kesehatan Tubuh

bahaya timbal

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memaparkan, pada tingkat paparan yang tinggi, timbal dapat menyerang otak dan sistem saraf pusat hingga menyebabkan koma, kejang, hingga kemungkinan terburuknya ialah kematian pada anak-anak.

Sementara itu, tingginya kadar timbal pada orang dewasa dan anak-anak dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan sistem saraf pusat yang pada akhirnya menyebabkan kejang, tidak sadar, koma, bahkan kematian. 

Mengutip laporan Komite Pembebasan Bensin Bertimbal (KPBB) sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bekerja sama dengan Blacksmith Institute dari Amerika Serikat, dampak pencemaran timbal bagi orang dewasa dapat mengakibatkan saraf dan pembentukan sel darah merah menjadi terganggu. 

Sementara bagi anak-anak, bahaya timbal dapat mengakibatkan kram perut, penyerapan vitamin D terhambat, tubuh pendek, respons saraf melambat dan sel otak menjadi terhambat.

Jika dijabarkan beberapa hal berikut merupakan dampak dari bahaya terpapar timbal bagi kesehatan tubuh:

Solusi Menghindari Bahaya Timbal

Unsur timbal bisa ditemui dan lekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Kandungan timbal banyak terdapat dalam benda-benda seperti batu baterai, bensin, cat, kosmetik, tanah, makanan kaleng hingga debu pada peralatan rumah tangga. Umumnya diketahui, keracunan timbal terjadi akibat adanya paparan pencemaran timbal dalam jumlah kecil dalam rentang waktu yang lama.

Berikut adalah beberapa langkah solusi untuk menghindari atau meminimalisir ancaman paparan bahaya timbal:

Pipa juga menjadi salah satu media yang bisa teraliri paparan bahaya timbal. Untuk menghindari aliran air yang tercemar bahaya timbal dapat diawali dengan cara memilih pipa air yang tepat. Sebab pipa adalah alat utama yang berfungsi untuk mengalirkan air bersih. 

Pipa HDPE ALVApipe dapat menjadi solusi untuk meminimalisir pencemaran bahaya timbal. Pipa HDPE mengandung material yang lebih baik daripada pipa ledeng karena terbukti anti korosi (karat). Pipa yang berkarat tentunya dapat mengundang racun yang menyebabkan serangan penyakit. 

Pipa HDPE ALVApipe juga memiliki resistensi yang tinggi terhadap serangan dari berbagai cemaran bahan kimia. Dengan memilih dan memutuskan untuk menggunakan pipa HDPE, Anda juga turut membantu mengurangi resiko pencemaran bahaya timbal terhadap lingkungan. 

Pilihlah pipa HDPE ALVApipe untuk mendukung gaya hidup sehat pada konsumsi air bersih di rumah Anda.  Pipa HDPE ALVApipe dapat dibeli di Shopee dan Tokopedia. Yuk, jaga kesehatan agar terhindar dari bahaya penggunaan timbal dengan cara beralih menggunakan pipa HDPE ALVApipe.

Leave a comment

Open chat
1
halo 👋Ada yang bisa kami bantu?
Verified by MonsterInsights