Mengenal Pengertian, Manfaat dan Kelebihan Pipa HDPE

Dalam proses pembangunan sebuah gedung, rumah atau bangunan-bangunan tertentu, pastinya membutuhkan penggunaan pipa untuk berbagai macam kebutuhan instalasi pendistribusian air, gas atau bahkan uap dan sebagainya. 

Pipa bahkan dapat dikatakan sebagai salah satu elemen penting dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga sampai ke dalam hal kebutuhan industri. Hal ini tentunya sejalan dengan keberadaan fungsi atau manfaat adanya pipa. 

Dikutip dari Jurnal Universitas Akademi Maritim Nasional Indonesia, Pipa adalah suatu batang silinder berongga yang dapat mengalirkan zat cair, uap, gas ataupun zat padat berupa tepung atau serbuk. 

Pembuatan pipa biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan dibedakan dari batas kekuatan tekanan, ketebalan dinding pipa, temperatur zat yang mengalir, jenis material berkaitan dengan korosi dan kekuatan pipa tersebut. 

Menyesuaikan kebutuhan industri dan rumahan, saat ini telah banyak dijual di pasaran luas berbagai macam jenis-jenis pipa yang di antaranya ialah pipa PVC, pipa logam, pipa besi, hingga pipa HDPE. Nah bagi Anda yang masih asing dengan Pipa HDPE, simaklah ulasan berikut agar dapat mengetahui pengertian, manfaat dan kelebihan dari pipa HDPE. 

 

Pengertian Pipa HDPE

Diketahui HDPE sebetulnya merupakan akronim dari singkatan High Density Polythene. Pipa HDPE biasanya juga dikenal dengan nama pipa PE ata pipa PE 100. 

Pipa HDPE terbuat dari plastik dengan elastisitas tinggi. Umumnya diketahui, penggunaan pipa HDPE biasanya digunakan untuk pendistribusian air minum.

Dalam hal ini, penggunaan pipa HDPE sebagai pipa distribusi air bersih sudah sejalan dengan adanya Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) 492 yang berbunyi setiap penyelenggara air minum yang diproduksinya aman bagi kesehatan. Air minum aman bagi kesehatan apabila memenuhi persyaratan fisika, mikrobiologis, kimiawi dan radioaktif yang dimuat dalam parameter wajib dan parameter tambahan.

 

Manfaat atau fungsi Pipa HDPE

Selain untuk pendistribusian air minum atau air bersih, pipa HDPE juga bermanfaat untuk beberapa hal yang diantaranya sebagai berikut:

 

Kelebihan dan keuntungan menggunakan Pipa HDPE

Mengutip buku Teknik Penyediaan Air Minum Perpipaan karya Radianta Triatmadja (119:2019) pipa HDPE merupakan jenis yang relatif baru digunakan untuk air minum. Pipa ini mempunyai banyak keuntungan seperti PVC, tetapi dalam beberapa hal masih lebih baik dari PVC.  Beberapa keuntungan penggunaan pipa HDPE diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  1. Bahan material pipa lentur sehingga mudah diaplikasikan 

Kelenturan pipa HDPE dapat memudahkan proses instalasi di lapangan jadi tidak perlu memotong, menyambungkan atau membengkokkan dengan alat khusus jika dalam kondisi instalasi yang mengharuskan pipa untuk berbelok. Selain itu, pipa HDPE juga dapat digulung untuk memudahkan pengangkutan dan pelaksanaan pekerjaan di lapangan. 

 

  1. Tahan lama, kuat dan awet

Pipa HDPE diketahui sudah terbukti tahan lama dan diklaim aman untuk instalasi pipa pada daerah pegunungan yang terjal. Pipa HDPE sudah terbukti memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang tinggi dibandingkan dengan jenis pipa lainnya. Pipa HDPE dapat dikatakan sebagai jenis pipa yang tahan tekanan dan tahan pecah. Pipa jenis ini diperkirakan dapat tahan sampai waktu 50 tahun lebih.  

 

  1. Tidak beracun

Sejalan dengan Permenkes 492, material Pipa HDPE dibuat dengan bahan-bahan plastik yang bebas racun dan tidak bereaksi secara kimiawi.  

 

  1. Tahan korosi

Pipa HDPE dijamin anti korosi sehingga sangat cocok untuk digunakan pada instalasi bawah tanah. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan pipa besi yang mudah berkarat dan dapat membahayakan bila aliran airnya diminum oleh manusia. 

 

  1. Kapasitas aliran besar

Kapasitas aliran yang besar menjadi keunggulan lainnya dari pipa HDPE. Semakin besar kapasitas aliran pipa maka gesekan air di dalam dinding pipa yang halus menjadi lebih rendah. 

 

  1. Tahan panas, anti sinar ultra violet dan rentan terhadap bahan kimia

Pipa HDPE dijamin tahan panas dan anti terhadap sinar ultraviolet. Pipa ini tidak mudah dibakar oleh paparan api dan juga paparan zat-zat yang bersifat panas. Suhu zat antara 60-120°C menjadi batasan aman untuk instalasi pipa HDPE. 

Di sisi lain, pipa HDPE juga memiliki material yang rentan atau memiliki ketahanan yang baik terhadap bahan kimia. Sehingga sangat cocok digunakan untuk instalasi pipa kebutuhan pabrik kimia. 

Kebutuhan terhadap manfaat dan kelebihan pipa HDPE seperti yang ada pada ulasan di atas, bisa dilakukan tentunya dengan cara memilih pipa yang tepat dan berkualitas seperti pipa HDPE produksi dari ALVApipe. 

Pipa HDPE ALVApipe merupakan merek yang bernaung di bawah PT. Alpha Cikupa Makmur, sebuah produsen plastik yang berfokus pada spesialisasi produk pipa HDPE di Indonesia sejak tahun 1989. 

Pipa HDPE ALVApipe menjadi pilihan yang tepat, dibandingkan dengan pipa konvensional. Dalam hal teknis, pipa HDPE ALVApipe terbukti unggul bahkan telah mengantongi sertifikat Green Label Indonesia nomor 006/GLI-GPCI/PP/I/2022. 

Dalam hal ini, Sertifikasi Green Label Indonesia merupakan sertifikasi produk yang ramah lingkungan yang mana diharapkan dapat mengurangi dampak negatif lingkungan. Artinya, Pipa HDPE ALVApipe merupakan produk ramah lingkungan, yang mendukung keberlangsungan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Selain telah tersertifikasi Green Label, Pipa HDPE ALVApipe juga telah mengantongi standar ISO SNI 9000:1, Sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kemenperin dan sejumlah sertifikasi resmi lainnya. 

Yuk, ganti pipa konvensional Anda dengan menggunakan Pipa HDPE ALVApipe yang telah terbukti kuat dan memiliki material yang ramah lingkungan. Kebutuhan terhadap Pipa HDPE ALVApipe yang berkualitas unggul tersebut, dapat dibeli melalui toko-toko resmi ALVApipe di Shopee dan Tokopedia. Jangan lupa ikuti sosial media kami di instagram @alvapipeindustry agar terus mendapatkan penawaran terbaik dari ALVApipe.

Leave a comment

Open chat
1
halo 👋Ada yang bisa kami bantu?
Verified by MonsterInsights