Sejarah Peringatan Hari Telekomunikasi dan Informasi 17 Mei

Hari Telekomunikasi diperingati setiap tanggal 17 Mei, dengan tujuan agar masyarakat menyadari  pentingnya Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dan internet terhadap kehidupan masyarakat di berbagai belahan di dunia. Peringatan hari telekomunikasi dilatarbelakangi sejarah yang cukup panjang. Ingin tahu ulasan singkat tentang sejarah peringatan hari telekomunikasi? Yuk, simak pembahasan berikut.

Sejarah Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia

Mengutip dari National Day Calendar, Sejarah tanggal 17 Mei sebagai peringatan Hari Telekomunikasi, ditandai sebagai peringatan penandatanganan Konvensi Telegraf Internasional pertama dan pembentukan Persatuan Telekomunikasi Internasional pada tahun 1865.

Hari Telekomunikasi Dunia, diperingati setiap tanggal 17 Mei sejak 1969. Hal ini sejalan dengan asal mula berdirinya Persatuan Telekomunikasi Internasional pada 17 Mei 1865. Penetapan ini sekaligus menandai pembentukan International Telecommunication Union (ITU). ITU lantas dijadikan sebuah lembaga melalui Konferensi Berkuasa Penuh di Malaga-Torremolinos, Spanyol pada tahun 1973. 

Dikutip dari laman UN, KTT Dunia tentang Masyarakat Informasi dihelat November 2005. KTT ini menyerukan Majelis Umum PBB untuk mendeklarasikan setiap 17 Mei sebagai Hari Masyarakat Informasi.

Titik fokus utama dari peringatan tersebut menitikberatkan pada pembahasan pentingnya TIK dan berbagai isu terkait Masyarakat Informasi yang diangkat oleh WSIS. Seruan atas adanya peringatan  ini lantas ditindaklanjuti Majelis Umum melalui resolusi A/RES/60/252 pada Maret 2006. 

Alhasil, setiap tanggal 17 Mei juga  dirayakan sebagai Hari Masyarakat Informasi Sedunia. Ide tersebut ternyata berubah kembali saat dilakukan Konferensi Berkuasa Penuh ITU yang diadakan di Antalya, Turki, pada November 2006. 

Namun begitu, melalui Resolusi 68, hasil konferensi tersebut memutuskan untuk menggabungkan peristiwa hari telekomunikasi sedunia dengan hari masyarakat informasi sedunia. Jadilah kemudian Hari Masyarakat Telekomunikasi dan Informasi Sedunia diperingati setiap 17 Mei.

Pentingnya Telekomunikasi dan Informasi 

Menurut laman BPS, telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman, dan atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda-tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara dan bunyi melalui sistem kawat, optik, radio, atau sistem elektromagnetik lainnya.

Telekomunikasi dan informasi dapat bermanfaat untuk menunjang berbagai kebutuhan masyarakat. Kebutuhan tersebut bisa ke dalam berbagai hal, seperti marketplace, entertainment, sosialisasi dan komunikasi berupa data dan suara serta interaksi sosial media yang pada era digital ini semuanya butuh koneksi internet. 

Untuk meminimalisir koneksi internet dari resiko susah sinyal, saat ini mulai berkembang jaringan internet dengan menggunakan fiber optik. Menurut buku Intalasi Sederhana Jaringan LAN Menggunakan Kabel Fiber Optik karya Hanif Abdullah (2021), fiber optik adalah satu jenis kabel yang terbuat dari bahan kaca atau sejenis plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan bisa digunakan untuk mengirim sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.

Jaringan fiber optik biasanya memerlukan pipa sebagai pembungkus kabel fiber optik. Untuk melindungi kabel fiber optik agar terhindar dari kerusakan atau error tertentu yang dapat membuat jaringan internet terganggu, maka diperlukan pipa HDPE yang berkualitas.

ALVApipe Telecommunication merupakan pipa untuk membungkus kabel fiber optic dengan karateristik yang istimewa karena terbuat dari Thermoplastic High Density Polyethylene (HDPE), yang merupakan pipa dengan kekuatan tinggi sehingga mampu bertahan pada kondisi yang ekstrim.

 

Product Overview HDPE

STELL L-039-2008 Ver.2.2

 

Keunggulan Pipa ALVApipe Telecommunication

Pembelian pipa ALVApipe Telecommunication yang tepat untuk mensukseskan kebutuhan proyek pembangunan jaringan internet dapat dilakukan melalui marketplace resmi ALVApipe di Shopee dan Tokopedia. Kebutuhan  ALVApipe Telecommunication dapat juga dibeli secara offline dengan cara menghubungi kami lewat kontak WhatsApp yang tersedia di website resmi ALVApipe. Terus ikuti sosial media kami di instagram @alvapipeindustry agar terus mendapatkan informasi dan penawaran terbaik dari ALVApipe. Semoga informasi tentang sejarah hari telekomunikasi dan informasi di atas dapat bermanfaat!

Leave a comment

Open chat
1
halo 👋Ada yang bisa kami bantu?
Verified by MonsterInsights