Kegunaan Fitting HDPE, Ragam Jenisnya dan Rekomendasi Fitting yang Berkualitas

Daerah perumahan yang biasanya menggunakan saja PDAM dalam hal pengadaan air, biasanya sering menggunakan pipa HDPE untuk kebutuhan instalasi air. Nah untuk kebutuhan instalasi pipa HDPE biasanya dibutuhkan fitting pipa HDPE yang berkualitas. Berikut adalah rekomendasi yang dapat disimak. 

 

Manfaat Kegunaan Fitting Pipa HDPE

Dikutip dari buku Pekerjaan Instalasi Plaming pada Bangunan Gedung karya Salmatni (17:2019), pipa HDPE (High Density Polyethylene) merupakan pipa polymer yang mirip dengan PVC dari sisi  daya tahan dan fleksibelitasnya (pipa HDPE bisa dibawa dalam keadaan koli/gulungan per 100 meter dan batangan per 6 meter). 

Masih mengutip dari buku tersebut, kelebihan menggunakan pipa HDPE adalah pengerjaan instalasi menjadi lebih mudah, selain itu pipa ini juga dijamin anti korosi dan ringan. 

Alat untuk menyambungkan pipa HDPE disebut dengan fitting. Alat fitting pipa HDPE  memiliki fungsi utama lainnya  yakni sebagai alat untuk merubah saluran air menjadi lebih besar ataupun mengecil. 

 

Jenis-jenis Fitting Pipa HDPE 

Fitting HDPE Elbow

Elbow diketahui merupakan jenis sambungan pipa yang memiliki fungsi untuk membelokkan arah atau aliran pipa. 

Fitting Tee HDPE

Jenis fitting pipa tee HDPE memiliki koneksi sambungan bercabang. Fitting tee HDPE memiliki tiga cabang aliran. 

Fitting Pipa Male Thread Adaptor HDPE

Fitting pipa male thread adaptor berbentuk lurus terdapat alur-alur sekrup (drat)  pada kedua ujungnya. 

Fitting Pipa Female Thread Adaptor

Fitting pipa female thread adaptor berfungsi untuk penyambungan pipa di instalasi yang lurus.  Satu sisi fitting memiliki tipe penyambungan compression joint dan sistem sambungan drat dalam pada sisi sambungan lainnya.

 

Rekomendasi fitting pipa HDPE berkualitas

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ALVApipe (@alvapipeindustry)

Fitting Pipa HDPE ALVApipe menjadi salah satu fitting HDPE yang berkualitas, yang patut dipertimbangkan untuk kebutuhan instalasi penyambungan pipa HDPE. 

Fitting Pipa HDPE ALVApipe tahan terhadap aliran air bertekanan High Pressure. Selain itu, fitting pipa HDPE ALVApipe memiliki daya lentur tinggi yang dapat digunakan di daerah perbukitan, rawan gempa, dan juga digunakan diatas dan dibawah permukaan laut.

Bahannya ringan, tahan terhadap retak, tahan karat, tahan terhadap bahan kimia, variatif dalam metode penyambungan, tahan terhadap segala cuaca, abrasi dan sedimentasi serta bisa dipakai untuk jangka panjang bahkan hingga 50 tahun usia penggunaan.

Berikut adalah varian fitting pipa HDPE ALVApipe:

rekomendasi fitting pipa hdpe 2

Fitting Pipa HDPE ALVApipe Elbow Coupling 1/2″ (20 mm)

Fitting Pipa HDPE ALVApipe Elbow Coupling 1″ (32 mm)

Fitting Pipa Tee HDPE ALVApipe 1″ (32 mm)

Fitting Pipa Male Thread Adaptor HDPE ALVApipe 1/2″ (20 mm)

Fitting Pipa Male Thread Adaptor HDPE ALVApipe 3/4″ (25 mm)

Fitting Pipa Female Thread Adaptor HDPE ALVApipe 1/2″ (20 mm)


Kebutuhan fiitting pipa HDPE ALVApipe yang berkualitas baik dapat dibeli melalui toko online resmi milik ALVApipe di Tokopedia dan Shopee. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat.

Leave a comment

Open chat
1
halo 👋Ada yang bisa kami bantu?
Verified by MonsterInsights